0
Salam Mumed,

Pasti PC kalian pernah yang namanya terkena virus, yups sama dengan saya :p . saya teliti dengan singkat PC saya positif mengidap virus.. oh tidak :( lebay banget hehe :D. Sekarang apa yang harus saya lakukan ?


Waduh ! Kita terbiasa panik dalam mengatasi masalah ini. Untuk menuntaskan masalah ini ciba kalian hubunugi para dokter virus instan yang dilantik dalah sehari-hari, haha.. udah kaya gubernur aja :D pake dilantik-lantik. Tapi dijamin akan kalang-kabut mengatasinya. Menurut saya virus itu masalah rumit dan kompleks. Ini seperti lingkaran setan ! ( wkwk kok malah ngomongin setan :D ), jangan kalian anggap gampang perkara dan asal ngomong, itu akan menyulutkan kampak peperangan ! :p

Untuk saya, semua baik ( dan memang harus baik, karena memenag hidup itu seharusnya baik. kapan selesainya :D haha ). Kelebihan dan kekurangan itu akan saling mengisi, bertentangan dan kokoh menjalankan tugas masing-masing. Sudah ah.. kok malah ceramah.. wkwk :p

Baiklah sekarang kita kembali ke tema kita. Ada beberapa langkah yang dapat kalian lakuan untuk mengatasi serangan virus, yaitu sebagai berikut :

1. Scan PC kalian dengan AntiVirus


ini saran yang paling umum yang sering digunakan :). Scan pc kalian dengan AntiVirus yang biasa kalian gunakan dan patut kalian coba walau sia-sia. Dalam gambar diatas pc saya menggunakan antivirus Smadav. Tapi jangan takut karna siapa tau antivirus kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi, ( namun biasanya tidak.. wkwk :) ) mengapa? karena ada beberapa antivirus bagus yang biasanya akan dilengkapi dengan program on access scanner. Program tersebut berguna untuk mendeteksi saat suatu file dijalankan, apakah mengandung virus atau tidak. Jika filter on access ini gagal, dapat dipastikan bahwa proses scanning program utamanya pun akan gagal. Jadi, sia-sia bukan ?

2. Lalukan Update AntiVirus


Lakukan update pada antivirus kalian, baik secara online maupun offline dengan menginstall atau mengupgrade via file dari software maupun dari antivirus itu sendiri. Fungsinya untuk menambah performa antivirus yang kalian miliki agar virus yang sudah canggihpun dapat tersaring oleh antivirus kalian. ( udah kaya mancing aja pake disaring-saring. hehe :D )

Meskipun tindakan ini sudah terlambat karena virus terlanjur menyerang, namun tidak ada salahnya dicoba. Terkadang teknik seperti ini masih dapat membuahkan hasil.

Walaupun kebanyakan akan gagal, ( dari tadi perasaan bahasnya pesimis mulu ya ? heh :) ) Tidak! ini tidak pesimis, karena mengungkapkan kenyataan yang sering terjadi. Termasuk pada PC saya :'(. Mengapa? karena virus biasanya akan melakukan proteksi dirinya sendiri dengan menggagalkan proses installisasi atau update dan dapat menutup program antivirus yang sedang kalian jalankan.

3. Memakai Removal Tools

Jika tindakan scanning kalian dengan antivirus, pasti sudah standart nasional. Pasti bete dan pusing mau kemana lagi, caranya silahkan melirik software removal virus.

Pada beberapa kasus, software removal ini dapat mendeteksi dan mematikan virus ( kasihan si virus, selalu dimatikan. haha :D ), kalian bisa mencari software tersebut disitus download atau kalian bisa cari di google. jika sudah silahkan kalian install dan jika kalian beruntung, ada kemungkinan virus dalan pc kalian akan terdeteksi dan dimatikan ( tingal dikubur doang nih si virus. haha :D )

4. Memakai Scanning Online

Jika antivirus masih saja tidak dapat dimatikan secara normal dan removal tools. Mematikan antivirus dengan cara scanning web via internet langsung ke pc kita.

Bila beruntung, kalian dapat melihat nama virus yang menyerang pc kalian. Jika sudah ketahuan kalian dapat mencari penawarnya lewat google.

5. Instal Ulang

Jika dengan semua yang sudah kalian lakukan masih saja virus tidak mau hilang, mungkin semua pilihan terburuk ada di cara ini dan harus kalian lakukan. Kalian harus melakukan instal ulang sistem operasi Windows. Ini adalah pilihan terakhir dan terburuk yang bisa kalian lakukan.

Bagaimana kawan seru bukan 5 Cara Ampuh Melawan Virus.Bila dari kalian masih ada kebingunan dengan tips dan trik diatas silahkan beri tulisan kalian dikomentar, dan jangan lupa Like yoo :D :) :p

Post a Comment

Setiap ada Komentar pasti saya balas satu hari sesudahnya

Hargai penulis dengan cara memberikan komentar di artikel ini ya sobat.
Dan berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan.

"Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar" (akan dihapus)

Thanks

Admin

 
Top