0

Salam Mumed,

Komputer adalah barang elektronik. Jika hanya dibuang di tong sampah, nantinya logam berat yang ada di motherboard dan komponen-komponen lainnya bisa menyebabkan pencemaran lingkungan.


Karena itu, Jika Anda punya komputer yang sudah tidak bisa lagi digunakan, lebih baik manfaatkan komputer tersebut dengan maksimal. Nah, kali ini Saya mempunyai Tips bagi Anda yang ingin memanfaatkan komputer Anda yang sudah menjadi barang bekas. Berikut tips memanfaatkan komputer bekas Anda.

1. Simpan data-data penting yang Anda miliki di hard disk atau lakukan backup data terlebih dahulu.
2. Hapus data-data yang ada, walaupun sudah tidak diperlukan. Caranya dengan melakukan secure format atau bisa juga dengan format biasa.
3. Ada 3 opsi untuk komputer bekas, yaitu mengggunakannya kembali, memberikannya ke orang lain, atau dibuang.
4. Jika Anda ingin menggunakannya kembali, bersihkan komputer Anda dengan kompresor udara.
5. Anda bisa menambahkan hard disk jika diperlukan dan menginstal sistem operasi dasar seperti Linux, dan lengkapi dengan software-software seperti Apache, PHP, dan sebagainya, sehingga komputer tersebut bisa dijadikan server. Komputer server dengan sistem operasi Linux dasar akan sangat ringan sehingga tidak memerlukan spesifikasi hardware yang terlalu tinggi.
7. Jika ada komponen-komponen dari komputer yang masih bekerja dengan baik. Anda bisa menjual komponen-komponen tersebut. Jadi, komputer tidak dijual dalam satu bongkahan, tetapi dijual per komponen.
8.  Yang terakhir adalah membuang komputer. Sebaiknya Anda disarankan untuk tidak langsung membuang, tetapi menggunakannya untuk kegiatan kreatif, seperti menjadikannya kerajinan seperti panggangann barbeque atau diolah menjadi hiasan rumah sperti pot bunga.



Bagimana kawan, unik bukan Tips Memanfaatkan Komputer Bekas. Semoga artikel diawas bermanfaat dan berguna untuk Anda :D.

sumber: rumpitekno

Post a Comment

Setiap ada Komentar pasti saya balas satu hari sesudahnya

Hargai penulis dengan cara memberikan komentar di artikel ini ya sobat.
Dan berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan.

"Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar" (akan dihapus)

Thanks

Admin

 
Top