0
Salam Mumed,

Bagi kita Flashdisk adalah alat yang sangat fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana, dan setiap hari pula kalian mencolokan flashdisk itu ke dalam komputer kita. Tapi jangan salah, setiap hari banyak virus yang bertebaran melalui flashdisk, dan berikut adalah cara untuk melindungi komputer kita dari virus yang berasal dari flashdisk dengan menonaktifkan fungsi autoplay pada policy setting, dan cara yang akan Saya share ini berlaku di OS Windows Vista atau 7.

Setiap saat kita menghubungkan komputer dengan romovable-media seperti flashdisk, memory card ataupun SD/DVD, maka jendela autorun Windows akan tampil di layar komputer secara otomatis. Sebenarnya fungsi tersebut bertujuan untuk memudahkan kita, karena menyediakan beberapa menu seperti membuka folder, memainkan video/music (jika berupa terdapat file multimedia, dan lain-lain). berikut screeshootnya.

Akan tetapi, fungsi tersebut bisa jadi berbahaya bagi keamaan komputer. Selain Internet, media eksternal merupakan sarana penyebaran virus terbesar. Ketika sebuah media penyimpanan eksternal yang sedang mengandung virus pada komputer dan Anda langsung membukannya menggunakan menu Open files to view files yang ada pada autorun Windows, maka virus langsung masuk kedalam sistem komputer Anda. terlebih virus-virus yang bisa aktif secara otomatis seperti Autorun.inf dan kawan-kawannya (virus juga punya keluarga ya :D hehe).

Bingung cara mengatasinya, tenang kali ini Saya akan memberikan jawabannya dengan menonaktifkan fitur autorun pada Windows Anda. Men-disable fitur autorun Windows memang sangatlah disarankan demi keamanan komputer dari penyebaran virus melalui media-media eksternal. Berikut adalah cara memonaktifkan fitur Autorun pada Windows.

1. Buka jendela dialog Run melalui Start menu, atau kalian bisa menggunakan shortcut dengan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard. Setelah jendela Run terbuka, ketikan gpedit.msc dan klik ok.


2. Setelah itu, akan tampil jendela Local Group Policy di layar monitor Anda.


3. Pada jendela Locl Group Policy Editor, klik Computer Configuration > Administrative Templates > Windows components. Di bawahnnya Anda akan menemukan AutoPlay Polices. Nah disitulah letak pengaturan fitur Autorun Windows.


4. Pada menu AutoPlaay Polices, klik kanan pada Turn off AutoPlay, dan pilih Edit.


6. Setelah itu akan tampil menu baru Run dan centang pada menu Enable, setelah selesai klik Apply dan pilih OK.

7. Selamat, menu files Autorun dalam komputer anda tidak muncul lagi setiap Anda menghubungkan media atau driver eksternal.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat sobat :D

Post a Comment

Setiap ada Komentar pasti saya balas satu hari sesudahnya

Hargai penulis dengan cara memberikan komentar di artikel ini ya sobat.
Dan berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan.

"Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar" (akan dihapus)

Thanks

Admin

 
Top