1
Salam Mumed,


Tidak bisa dipungkiri semakin banyak saja orang yang menggunakan flashdisk. Namun banyak pengguna flashdisk yang secara serampangan dalam menggunakan flash disk. Akibatnya? Jelas sekali! Flash Disk mereka mudah rusak. Jika Flashdisk rusak atau bermasalah, data-data di dalam flashdisk pun akan ikut rusak. Agar merasa nyaman dan aman dalam menggunakan Flash Disk adapun langkah-langkah merawat flashdisk sebagai berikut.

1. Jauhkan dari medan magnet yang kuat

Kita sering kali lalai (atau mungkin tidak tahu?) meletakan flashdisk secara sembarangan bersama dengan suatu perangkat yang menimbulkan medan magnet kuat, seperti Handphone (misalnya) disuatu tempat yang sama. Barang-barang elektronik yang ada seperti TV, handphone, komputer dan lain-lain, dapat menggangu kesehatan flashdisk. Oleh karena itu, disarankan jangan pernah menyimpan flashdisk di dekat barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar.

2. Jangan Terkena Air


Jauhkan Flash Disk dari air. Jangan seperti gambar diatas, (hehe :D itu mah kecebur kali bukan terkena lagi). Jika komponen dalam flashdisk terkena air secara otomatis mengakibatkan kerusakan yang permanen. Apabila Flashdisk Anda terkena air, maka harus segera mungkin Anda keringkan. Caranya dengan bantuan sinar matahari selama 48 jam, kalau Anda ingin lebih cepat bisa menggunakan blower dengan cara membuka casing flash disk Anda.

3. Lakukan Proses Safe Remove


Saat kita memakai Flash Disk dan akan melepaskannya dari sistem komputer, usahakan untuk melakukan prosedur yang benar dengan melakukan safe remove hardware. Jika hal ini lali kita lakukan, selain bisa menjadikan flash disk cepat rusak secara fisik, tidak melakukan proses pelepasan flash disk dengan benar juga berpotensi mempengaruhi kerusakan pada data-data yang ada di dalamnya.

Ada bebrapa cara untuk melepas dengan baik dan benar saat flash disk kita menempel pada port usb pc kita. Adapun cara-caranya sebagai berkut.
  • Klik ganda ikon flash disk yang berada di pojok kanan bawah, kalian bisa lihat gambar dibawah.
  • Lalu pilih Safely Remove Hardware, dan secara otomatis flash disk kita sudah tidak ada di dalam driver pc.
  • Selanjutnya cara kedua adalah dengan masuk ke driver flash disk tersebut. Anda klik kanan pada gambar driver flash disk Anda, lalu pilih eject.
4. Jauhkan dari tempat yang panas


Semua barang elektronik termasuk flashdisk, amat rentan dengan panas. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengenai matahari langsung dalam waktu yang lama. Usahakan tidak menyimpan di tempat yang dapat menimbulkan panas yang berlebih. Misalnya kalian meninggalkan flash disk di mobil. (Apalagi meletakannya di atas kompor yang lagi menyala :D bisa jadi flash goreng deh)

5.Hindari Dari Benturan yang keras
 

Flash Disk terdiri atas komponen-komponen yang kecil dan ringan. Oleh karena kecil dan ringan, maka sangat mudah terjadi kerusakan karena sebuah benturan yang keras seperti gambar diatas (apakah ada yang mau flashdisknya seperti itu. wkwkwk :D). Sebaiknya kalian simpan flash disk di tempat yang amat. (Ingan jangan di taruh di dalam celana dalam juga ya :D hehe)

6. Tutup Jika Tidak Dipakai


Tanpa kita sadari, udara dan lingkungan di sekitar kita ini sebenarnya penuh dengan kotoran dan debu. jika kontak flash disk yang dicolokan ke port komputer kotor, maka dapat mengakibatkan proses baca tulis menjadi kacau. Oleh karena itu, apabila flashdisk tidak sedang dipakai, usahakan agar selalu tertutup agar tidak kotor.

7. Mengurangi Proses Penulisan dan Penghapusan (Akses) secara sering

layaknya kita, flashdisk pun memiliki usia. Biasanya usia flash disk 10.000-100.000 kali peroses hapus dan tulis. perawatan flash disk berkaitan erat dengan cara-cara sebagai berikut.
  • Jangan Menyimpan file terlalu banyak: Semakin banyak file yang kita simpan kedalam flash disk, akan semakin besar pula waktu yang dibutuhkan untuk membaca file atau data dari flash disk.
  • Hapus File yang tidak terpakai: Seandainya kalian mempunyai file-file yang sudah tidak terpakai lagi, disarankan untuk dihapus saja karena untuk mengurangi akses ke flash disk.
  • Mengeshort file dan folder: Jika kita mempunyai file dengan jumlah yang banyak. sebaiknya kita kelompokan/menshort file dan menyimpannya ke dalam folder.
  • Memakai Alat Bantu Kompresi: Kita dapat menggunakan alat bantu kompresi seperti 7z, WinZip, Winrar, dan program sejenis lainnya untuk membantu membuat file kompresi. Jadi, bisa saja dengan format .CAB, .ZIP, .RAR ataupun format kompresi lainnya.
  • Password File Anda: Seandainya kita mepunyai file atau dokumen yang telah di-scan oleh anti virus dan kita yakin dokumen tersebut bersih dari infeksi virus, sebaiknya file tersebut dikompres. Pada saat melakukan kompresi, pasangkanlah password pada file tersebut.
  • Tidak Mengedit Dokumen Langsung dari Flash Disk: Kita sering membuka dan mengedit dokumen dari flash disk, praktis dan cepat memang. Sebaiknya copy file tersebut ke hard disk terlebih dahulu, baru kemudian proses editing dilakukan.
  • Tidak Membuka File Video Berukuran Besar Dari Flash Disk: Karena proses pembacaan data file akan dilakukan berulang-ulang dan dalam waktu yang lumayan lama Sehingga flash disk Anda akan menjadi lebih cepat panas dan akan memperpendek umur si flash disk.
8. Berilah Gantungan


Kelihatannya ini sepele dan sering kita remehkan. Membuat flash disk menjadi seperti gantungan kunci disarankan untuk dilakukan seperti gambar diatas (hehe berarti namanya jadi flashdiskunci dong. :D). Keuntungan pertama adalah agar kita tidak lupa dimana menyimpannya (karena bentuknya yang relatif kecil), dan selanjutnya adalah untuk membantu agar flash disk tidak gampang jatuh.

9. Hindari penggunaan Kabel USB


Kabel USB dibuat untuk mempermudah kita dalam penggunaan port USB. Namun pada kenyataan, justru pengguna kabel USB banyak menimbulkan masalah. Pada pengguna flash disk, dapat menyrbabkan munculnya berbagai macam eror. Mulai dari dlash disk yang tidak terdeteksi hingga flash disk rusak total! (kaya nama toko bah aja ya total). Disarankan untuk terbiasa mencolokan flash disk di port komputer tanpa bantuan kabel USB.

10. Jangan Mencolokan Flash Disk Terlalu Lama


Flash Disk mengonsumsi listrik dalam penggunaannya. Meskipun arus listrik yang digunakan sangat keci, namun jka lama dicolokan ke komputer maka dapat membuat komponen-komponen flash disk menjadi cepat panas seperti contoh gambar diatas. Yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pada komponen flsah disk.

11. Jangan memasukan Flash Disk ke Komputer Yang Bervirus


Saat kita melakukan pemindahan data dari komputer ke flash disk, mungkin tidak hanya data yang ikut berpindah, tetapi virus-virusnya yang terdapat dlam komputer pun ikut (maunya yang gratisan nih si virus, wooo :p)
Catatan: Lebih baik Anda Mencegah kerusakan pada Flash Disk, dari pada Anda mengobati (memperbaiki) kerusakan pada Flash Disk :D.”
 Bagaimana kawan, seru bukan Cara Ampuh Merawat Flash Disk. Bila dari kalian bingung atau punya saran atas artikel ini, silahkan tulis komentar atau saran kalian di kotak komentar. Selamat Mencoba :D

Post a Comment

  1. Bang, kira2 kalo flashdisknya mudah panas saat akses itu kenapa ya? Dan Itu wajar atau ada kerusakan?

    ReplyDelete

Setiap ada Komentar pasti saya balas satu hari sesudahnya

Hargai penulis dengan cara memberikan komentar di artikel ini ya sobat.
Dan berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan.

"Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar" (akan dihapus)

Thanks

Admin

 
Top